Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Makanan Pedas

Pernahkah Anda merasakan sakit pada perut setelah makan makanan yang terlalu pedas?
 
Source : klikdokter.com

    Pasti sangat menyakitkan bila penderitaan itu datang. Bolak - balik ke kamar mandi sampai beberapa kali. Meskipun begitu kadang - kadang rasa sakit itu belum juga hilang.

   Dikutip dari medicmagic, cabai mengandung capsaicin, suatu zat yang tidak hanya memberikan rasa pedas pada makanan, tetapi juga bisa memanaskan perut. Capsaicin berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap predator alami. Ini adalah senyawa yang menyebabkan rasa panas dan panas bila disentuh atau dimakan.

   Ada beberapa tips untuk mengurangi rasa sakit pada perut setelah makan makanan yang terlalu pedas, antara lain

1. Antasida atau antacid
    Langkah pertama untuk mengatasi rasa panas di perut adalah meminum antacid. Baca terlebih dahulu petunjuk dan konsumsi dengan dosis yang tepat. Menurut FamilyEducation, meminum antacid adalah cara paling umum untuk mengobati sakit maag yang berhubungan dengan makanan pedas.

2. Minum susu
   Minumlah setengah cangkir susu untuk membantu menetralkan asam dari makanan pedas. Jangan meminum terlalu banyak karena bisa mengganggu perut Anda, ingat setengah cangkir saja. Setelah itu, duduk dalam posisi tegak selama minimal 30 menit.

3. Berbaring
   Cobalah untuk berbaring terlentang dengan posisi lurus. Taruh bantal di bawah kepala, agar posisi kepala Anda berada 15-20 cm di atas kaki. Berbaring dalam posisi ini setelah makan cabai dapat membantu meringankan sensasi terbakar di perut

4. Minum air hangat
   Cara ini mungkin adalah cara yang paling mudah, tapi efeknya juga tidak terlalu menghilangkan rasa sakit itu. Paling tidak bisa mengurangi rasa sakit itu perlahan demi perlahan


First

15 komentar

Write komentar
abdzaini
AUTHOR
22 Juni 2016 16.59 delete

Itu sering saya alami, sangat mengganggu sekali.

Reply
avatar
18 Juni 2017 10.28 delete

Aduh gmn nih belom manjur juga sakit bingitssss

Reply
avatar
tomy_soliter
AUTHOR
14 Agustus 2017 18.11 delete

antacid harus di apotik yah

Reply
avatar
iin ningsih
AUTHOR
12 Oktober 2017 04.49 delete

Tetep sakit kak 😢

Reply
avatar
15 Oktober 2017 03.51 delete

Makan kerupuk plus bon cabe level 30,tepar 4 jam. Keringat dingin, pe kerjaan terganggu. Kampret bener dah. Ampun" ogah makan gitu lagi

Reply
avatar
Mufft86
AUTHOR
5 Desember 2017 10.10 delete

Saya sebelumnya tidak pernah ada apa-apa setelah makan pedas. Tapi akhir2 ini selalu berujung sakit perut setelah makan makanan pedas. Kenapa bisa seperti itu kak?

Reply
avatar
angelina rose
AUTHOR
30 Januari 2018 14.44 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
Maya Ernawati
AUTHOR
10 Maret 2018 14.10 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
20 Maret 2018 01.34 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
20 Maret 2018 01.36 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
20 Maret 2018 01.38 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
eL Gani
AUTHOR
6 Juli 2018 20.07 delete

Anjayyy....
Makan mie instan samyang BULDAK

awal nya 1 bungkus. Eeeh mie bagian punya istri cuma d makan 2 sendok.
Alhadil ane abisin juga tuh.

Malam sih biasa aja ga ada reaksi d perut.
Pas ke esokan hari nya. Jam 10 mulai dah tuh perut bagian atas sakiit, ga bisa berdiri tegak...

(Ga punya riwayat maag)

Reply
avatar
eL Gani
AUTHOR
6 Juli 2018 20.07 delete

Spam phising anjing

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 Januari 2019 19.59 delete

Ini 3 hari jg mulas, biasanya makan sambal biasa meski pedas nggk selama ini mulas nya, kuingat2 aku makan bon cabe level 30, kyk nya itu ya yg bikin perutku mulas lama,

Reply
avatar